Ingin Mendapatkan Rekening Koran? Berikut Cara Pengajuannya

Rekening koran, ada yang mungkin pernah mendengarnya namun ada pula yang belum terlalu familiar mengenai istilah tersebut. Jika didefinisikan, rekening koran merupakan informasi aktivitas nasabah yang dicetak oleh pihak bank. Terdengar mirip dengan buku tabungan memang, namun perlu diketahui bahwa rekening koran berbeda dengan buku tabungan.

Keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu nasabah dapat melihat informasi saldo awal bulan, mutasi debet, mutasi kredit, dan saldo akhir bulan. Hanya saja yang membedakan ialah, rekening koran hanya diterbitkan oleh nasabah yang memegang rekening giro, bukan rekening tabungan

Jika nasabah yang memegang rekening tabungan ingin mengetahui mengenai informasi transaksi yang mereka lakukan, maka mereka diharuskan untuk datang ke bank secara langsung untuk mencetak buku tabungan. Sedangkan untuk pemegang rekening giro, pihak bank akan mengirimkan rekening koran ke alamat rumah maupun kantor agar nasabah tidak perlu datang ke bank untuk mengetahui informasi transaksi yang mereka lakukan.

Bagi anda yang ingin mendapatkan rekening koran, tentu anda diharuskan untuk melakukan pengajuan rekening koran terlebih dahulu. Lalu bagaimana sih cara pengajuannya?

Description: Debt money business account bank Free Photo

Cara Pengajuan Rekening Koran

Untuk mengajukan rekening koran, anda memang diharuskan untuk datang ke kantor cabang bank terlebih dahulu. Hal tersebut dikarenakan dalam menerbitkan rekening koran, pihak bank membutuhkan tanda tangan dari pejabat ataupun atasan bank yang bersangkutan. Selain itu, mereka pun juga membutuhkan stempel dan legalisir. Dikarenakan hal inilah, mengajukan rekening koran tidak dapat dilakukan melalui online.

Bila pejabat atau atasan bank tengah berada di kantor, maka tidak membutuhkan waktu lama bagi pihak bank untuk menerbitkan rekening koran tersebut. Nah, agar proses pengajuan berjalan dengan lancar, maka anda perlu mempersiapkan berbagai dokumen dan memenuhi syarat yang dibutuhkan, yaitu:

1. Buku Tabungan Asli

Membawa buku tabungan sangatlah penting karena sebagai bukti bahwa anda memang merupakan nasabah di bank tersebut. Setibanya anda di bank, maka anda diharuskan untuk memberikan buku tabungan asli tersebut kepada bagian customer service agar bisa segera di proses.

2. KTP dan Kartu Debit

Setelah menyerahkan buku tabungan, maka selanjutnya customer service juga akan meminta KTP dan kartu debit. KTP dibutuhkan untuk mencocokan data diri antara yang terdapat di dalam buku tabungan dan yang terdapat di dalam KTP. Sedangkan untuk Kartu Debit akan dibutuhkan sebagai bukti kepemilikan rekening dan nasabah bank.

Perlu diketahui bahwa bila anda tidak membawa salah satu dari persyaratan yang dimintai tersebut, maka pihak bank tidak akan melanjutkan proses pengajuan. Jadi diharapkan anda membawa ketiga hal yang dibutuhkan tersebut.

3. Biaya Cetak

Informasi lainnya yang perlu diketahui ialah bahwa pencetakan rekening koran tidaklah gratis. Anda akan diminta untuk membayar sejumlah uang. Untuk harganya sendiri berbeda-beda sesuai dengan kebijakan dari setiap bank. Biasanya biayanya berkisar mulai dari Rp. 2000 hingga Rp. 10.000 per lembarnya.

Bagi yang memiliki tingkat mobilitas yang tinggi, mengajukan rekening koran sangatlah diperlukan agar anda tidak perlu datang ke bank secara langsung untuk mengetahui informasi transaksi yang telah anda lakukan. Selain itu, sebenarnya masih banyak lagi manfaat-manfaat yang diberikan dari memiliki rekening koran ini lho, dimulai dari mempermudah pengajuan visa, pembuktian hukum, hingga mengikuti prosedur lelang.

Dengan prosedur pengajuan yang cepat dan mudah, mengajukan rekening koran merupakan jalan terbaik untuk mengetahui informasi transaksi bagi anda yang tidak memiliki waktu untuk ke bank ataupun memiliki tingkat mobilitas yang tinggi.

Ingin mengetahui manfaat-manfaat dari rekening koran? Yuk baca informasi lengkapnya di https://www.cekaja.com/info/apa-itu-rekening-koran-arti-fungsi-dan-manfaatnya/

Published by Khairil azmi

im a simple man if i have some change i will take it

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *