Pulau Balak, pulau yang berasa liburan di private island!

Pernah mau liburan ketempat tenang nan asri? hehe kata kata mimin asik ya, Pulau Balak, Lampung ini menjadi pilihan bagus buat kalian yang hobby kepantai gengs.

Pulau Balak ini merupakan satu dari tiga pulau kecil nan cantik yang dijumpai di Teluk Pidada. Dua  pulau lainnya adalah Pulau Lunik dan Pulau Loh. Balak dalam bahasa Lampung artinya besar sehingga pantaslah jika Pulau Balak dinamakan demikian karena memang pulau ini terbesar dibandingkan dengan dua pulau lainnya yakni Pulau Lok dan Pulau Lunik.

Pulau Balak ini sudah tersedia rumah atau sejenis cottage sederhana yang disewakan untuk pengunjung. Ada penjaga pulau yang mengurus semua fasilitas di sini. Untuk penerangan listrik, sudah disiapkan generator listrik yang hanya menyala pada sekitar pukul 8 malam sampai jam 12 malam. Untuk kebutuhan toilet dan musholla, juga sudah tersedia dan bisa digunakan oleh pengunjung.

Namun sayangnya untuk fasilitas makanan tidak disediakan oleh pihak penginapan. Jadi pengunjung harus membeli di warung-warung yang berada di sekitar lokasi wisata. Jadi biar lebih hemat, baiknya membawa sendiri makanan dan minuman dari rumah. Dan jangan lupa, tetap menjaga kebersihan dan kelestarian dengan tidak membuang sampah sembarangan ya

Snorkeling merupakan aktivitas yang wajib dilakukan selama kamu mengunjungi pulau ini karena terumbu karangnya yang mempesona. Untuk menuju spot terumbu karang tidak butuh waktu lama, hanya lima menit menyeberang dari dermaga Pulau Balak. Perlengkapan yang dibawa pun sederhana berupa kacamata renang (goggles), alat bantu pernapasan (snorkel), sepatu katak (fins), dan pelampung.

Salah satu yang menjadi ciri khas alam bawah laut perairan di Pulau Balak adalah komposisi terumbu karangnya sangat rapat. Terumbu karang jenis Oxypora lacera, Pectinia lactuca, dan Montipora digitata sangat mudah ditemui di sana. 

Begitu juga ikan hias dengan beraneka jenis dan warna juga hidup di antara terumbu karang itu. Jika beruntung, pada musim tertentu kamu bisa menemukan sejumlah penyu sisik bertelur di pesisir pantai Pulau Balak ini.

Sama dengan perjalanan menuju Pulau Lok, perjalanan menuju Pulau Balak juga dimulai dari pelabuhan di Desa Ketapang, Padang Cermin. Speed boat dengan kapasitas 5-6 orang bisa desewa dengan harga 300 ribu  – 400 ribu rupiah sedangkan kapal biasa (kapasitas mencapai 15 orang) tarifnya sekitar 250 ribu rupiah.

Tertarik kesini? semoga bermanfaat bagi kalian travel junky yaa hehe, cheers up!

Published by Khairil azmi

im a simple man if i have some change i will take it

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *