Udah tau chia seed? benih kecil dengan segudang manfaat!

Benih chia menjadi bahan pembicaraan di kalangan pecinta makanan. Kecil, tetapi dikatakan bahwa ia memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh, terutama bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Benih chia adalah jenis biji-bijian kecil dari tanaman Salvia hispanica L. yang tumbuh di Meksiko dan Amerika Selatan. Namun sekarang, banyak biji chia telah masuk ke Indonesia dan telah menjadi salah satu makanan organik favorit. Rasa biji chia itu sendiri cenderung hambar. Dan untuk memakannya, Anda harus merendamnya dalam cairan atau air selama beberapa menit. Dapat juga dicampur dengan makanan atau minuman seperti sup, salad, oatmeal, jus, smoothie, dan yogurt.

Ketahuilah bahwa biji dan biji chia memiliki banyak manfaat – Alodokter

Nutrisi dalam biji chia termasuk karbohidrat, protein, air, serat, asam lemak omega-3, asam lemak omega-6 dan sejumlah vitamin dan mineral seperti vitamin A dan B, kalsium, mangan, fosfor, selenium, kalium, seng, magnesium dan tembaga. Benih chia juga mengandung sejumlah antioksidan kuat, seperti asam klorogenat, asam caffeic, quercetin dan kaempferol. Senyawa antioksidan ini memainkan peran penting dalam membantu tubuh melawan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

Benih chia dianggap memiliki beberapa manfaat kesehatan, dan salah satunya membantu menurunkan berat badan. Bentuk kecil ini akan mengembang setelah beberapa saat direndam dalam air dan akan menyebar lebih jauh setelah biji chia ada di perut. Ditambah dengan kandungan serat yang tidak larut, biji chia dapat memberi kesan bahwa konsumen mengkonsumsinya lebih lama.

Apa manfaat biji chia?

Bagi Anda yang menikmati makanan organik atau yang makan makanan mentah, Anda mungkin pernah mendengar tentang beberapa manfaat biji chia, meskipun penelitian lebih lanjut masih diperlukan tentang manfaat biji chia. chia sendiri.

Bagi Anda yang penasaran dengan manfaat biji chia, berikut adalah beragam manfaat yang diharapkan dari biji chia:

Menurunkan berat badan
Dipercayai bahwa jumlah serat yang cukup tinggi dalam biji chia memungkinkan untuk menurunkan berat badan. Faktanya, makanan berserat tinggi biasanya bisa membantu perut merasa kenyang lebih lama. Diperkirakan juga bahwa kandungan protein biji chia mengurangi keinginan untuk makan. Penelitian menunjukkan bahwa orang gemuk yang secara teratur mengonsumsi biji chia selama 6 bulan tampaknya telah kehilangan sekitar 2 kg.

Namun, hanya mengkonsumsi biji chia tidak cukup untuk membuat program penurunan berat badan Anda sukses. Dalam hal ini, biji chia dapat membantu Anda menurunkan berat badan ketika disertai dengan diet sehat dan gaya hidup sehat, termasuk mengendalikan asupan kalori, berolahraga rajin dan istirahat yang cukup.

Baik untuk kesehatan tulang
Protein dan mineral dalam biji chia, seperti kalsium, mangan, magnesium, dan fosfor, baik untuk kesehatan tulang dan pencegahan osteoporosis. Selain itu, biji chia dari tanaman juga merupakan sumber kalsium yang baik untuk vegetarian.


Menjaga kesehatan jantung
Biji chia yang kaya protein, serat, antioksidan dan lemak juga tampaknya memiliki efek positif pada kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi biji chia dapat melindungi jantung dari pengerasan pembuluh darah dan penyakit jantung. Tetapi efek ini tidak hanya datang dari konsumsi biji chia, tetapi juga dari gaya hidup sehat.

Bagus untuk penderita diabetes
Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi biji chia mengurangi risiko diabetes tipe 2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biji chia dapat mencegah peningkatan gula darah dalam tubuh. Efek ini diduga terkait dengan kandungan nutrisi dalam biji chia, yang dapat membantu menjaga tingkat glukosa darah yang stabil.
Bagus untuk hal

Published by Khairil azmi

im a simple man if i have some change i will take it

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *